9.5.10

Tugas Softskill Game

Game adalah software dimana satu atau lebih pemain membuat keputusan untuk mengontrol objek dan resource game dalam mencapai tujuan (goal). Game membutuhkan Goal, tanpa goal, player akan membuat goal masing-masing.
Game melibatkan Players artinya pikirkan tentang audience. Game bukan untuk anda, tapi untuk pemain. Jangan hanya memikirkan story, grafik, or interface, namun pikirkan para pemain.  Memainkan game seperti membuat keputusan, dibutuhkan suatu gameplay yang baik . Game membutuhkan Goal. Tujuan dari game bisa berupa :    
  • Mengalahkan bos
  • Meng-capture raja, negara, bendera, etc
  • Menyelamatkan dunia
  • Mengalahkan lawan atau orang lain 
  • Mendapatkan score tertinggi
  • Menyelesaikan semua level
  • Membunuh terbanyak 
  • Tidak mati
  • Membangun karakter
  • Menyelesaikan puzzle, dan lain sebagainya.
Genre Game
Ø  Game Arcade, ciri- cirinya adalah:
   Aspek utama : reaction speed
   Relatif mudah dibuat
   Biasanya 2-d
   Good starting point
Ø  Game Puzzle
   Aspek utama adalah berfikir “cerdas”
   Contoh : beberapa maze games biasanya lebih dekat ke pemecahan puzzle dari pada reaction speed
   Contoh lain termasuk board games dan sliding puzzles
   Biasanya 2-d
   Relatif mudah dibuat,
Ø  Role Playing Games
   Mengarahkan karakter melalui suatu dunia yang sulit
   Membangun karakter untuk mempelajari skill baru, semakin powerfull, menemukan tambahan nilai, atau senjata lebih baik
   Biasanya lawan sedikit lebih powerfull
   Dapat 2-d atau 3-d
   Biasanya sulit dibangun, karena harus membuat mekanisme “character development”
   Biasanya membutuhkan dunia yang sangat luas / besar
   Point kritikal level design
Ø  Game Strategy
   Real-time (RTS) atau turn-based
   Pemain hanya mengontrol karakter secara tidak langsung, taktik kurang penting dari pada Strategy
   Contoh : Age of Empires, Warcraft III…
   Biasanya membutuhkan banyak objek game, dengan animasi image dan behaviour yang spesifik
Ø  Game Adventure
   Game mengenai adventure dan explorasi, bagian pentingnya adalah story line
   Dapat 2-d atau 3-d
   Aksi yang dilakukan mudah (hanya bergerak)
   Kesulitannya adalah membuat adventure menjadi menyenangkan, yaitu: Membuat story line menarik, lucu, and mengejutkan dan berhubungan dengan artwork
Ø  Game Sport
   Membuat sport di dunia nyata menjadi virtual
   Idenya : menerapkan aturan yang ada
   Membuat serealistik mungkin, menantang, menyenangkan seperti sport dunia nyata sangat susah
Ø  Game Edukasi
   Game educational didesain untuk mengajarkan skill atau pengetahuan kepada pemain di luar dari game. Contoh : matematika, membaca, dlsb.
 

1 comment:

  1. Wow, oke, ini buat adik saya yang kuliah di informatika. :D

    ReplyDelete

thanks for stopping by and i really appreciated :D

Followers